KPPI Harap Ada Dukungan Terhadap Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan di Aceh

BANDA ACEH – Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Aceh, Ismaniar mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat terhadap peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan di Aceh.  “Penting memberi ruang luas untuk keterwakilan perempuan pada ranah politik dan keterwakilan dalam sistem pemerintahan,” kata Ismaniar, Kamis, 9 Februari 2023.

Menurutnya, partisipasi dan kontribusi perempuan di semua bidang kehidupan dapat mendorong keterwakilan suara perempuan dan kemajuan pembanguan yang lebih demokratis dan inklusi. Ismaniar juga mengingatkan pentingnya kehadiran perempuan dalam parlemen dan struktur strategis lainnya.

“Partisipasi perempuan sangat berguna untuk mengakomodir hal-hal tertentu, karena tidak semua isu perempuan dapat diwakili oleh laki-laki,” ujarnya.  Sementara itu, Ketua Presidium Balai Syura Ureung Inong Aceh, Khairani Arifin mengatakan bahwa Balai Syura ikut untuk mendukung pemenuhan hak perempuan di Aceh.  “Balai Syura sebagai lembaga payung bagi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan individu yang bekerja untuk pemenuhan hak perempuan di Aceh akan terus melakukan advokasi kebijakan untuk pemajuan dan pemenuhan hak perempuan serta keadilan gender di Aceh,” jelasnya. 

Selain itu, kata dia, pihaknya akan memperkuat kapasitas perempuan potensial untuk mampu mengadvokasi hak mereka dan hak komunitasnya. “Harapannya perempuan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi maksimal dalam proses pengambilan keputusan di berbagai level,” katanya. 

Ia menambahkan perempuan juga diharapkan dapat menjadi bagian penting dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Aceh.

Sumber : AJNN.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *